Categories
Elektronik

Jenis Alat Kelistrikan dan Fungsinya dan Gambarnya

Listrik menjadi salah satu kebutuhan penting dalam sebuah rumah maupun apartement. Tanpa adanya aliran listrik maka Anda pun akan susah melakukan banyak aktifitas. Sebut saja untuk mencharger HP hingga untuk keperluan pencahayaan seperti lampu. Oleh sebab itu, listrik memang masih menjadi hal yang sulit untuk dipisahkan dalam kebutuhan sehari-hari manusia.

Nah, jika Anda sedang berencana menempati sebuah hunian atau rumah maka cobalah untuk mencari tahu tentang alat-alat listrik di dalamnya terlebih dahulu. Terlebih jika Anda termasuk awam dalam hal urusan kelistrikan maka ada baiknya mengetahui jenis alat kelistrikan dan fungsinya. Biar tidak bingung dengan masalah kelistrikan ini, berikut contoh macam-macam alat listrik dengan gambar & fungsinya.

  1. Stop kontak listrik

Stop kontak listrik termasuk alat listrik yang sangat wajib ada di rumah Anda. Tanpa stop kontak listrik maka Anda tidak bisa menghubungkan aliran listrik ke berbagai sudut di rumah Anda. Biasanya, cara pemasangan stop kontak listrik ini ialah ditanam ataupun tanpa kabel. Di setiap negara pada umumnya memiliki jenis stop kontak listrik yang berbeda-beda.

Di Indonesia sendiri jenis stop kontak listrik yang paling banyak digunakan ialah dengan menggunakan tipe C serta F yang menggunakan frekuensi sebesar 50 Hz dan tegangan 220 volt. Untuk bisa mendapatkan stop kontak listrik ini maka Anda cukup menyiapkan uang sebesar 15 ribu hingga 50 ribu. Harga tersebut berbeda tergantung dari merk yang digunakan.

jenis alat listrik dan fungsinya

2.  Steker listrik

Steker listrik juga sering disebut dengan istilah colokan listrik. Alat merupakan jenis alat listrik yang berfungsi untuk mengalirkan listrik menuju stop kontak. Untuk menggunakan steker listrik cukup mudah, Anda hanya perlu menghubungkannya pada lubang stop kontak yang telah lebih dulu terpasang di sudut rumah. Harga dari steker listrik ini pada umumnya ialah berkisar mulai dari 2 ribu hingga 15 ribu.

3. Saklar listrik

Saat ini masih banyak yang kebingungan membedakan antara saklar listrik dan juga stop kontak. Fungsi utama dari saklar listrik ini ialah untuk memutuskan atau menyambung aliran listrik di rumah Anda. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol alat listrik secara searah maka aliran listrik di rumah Anda pun akan tersambung atau terputus.

4. Fitting lampu

Fitting lampu merupakan alat kelistrikan yang berfungsi untuk menaruh bohlam di bagian tengahnya. Fungsi fitting lampu ini ialah untuk memberikan pencahayaan di rumah Anda. Di pasaran terdapat dua jenis alat listrik fitting lampu, yang pertama ialah dengan model berulir dan juga model sumpit yang dipasangkan dengan cara menusuk ujung bohlam. Harga fitting lampu di pasaran pada umumnya ialah sebesar 5 ribu saja.

5. Meteran listrik

Meteran listrik adalah alat pengukur daya listrik yang dipakai di setiap hunian. Setiap rumah tentu saja akan terhubung dengan listrik karena telah dilengkapi dengan alat ini. Dengan adanya meteran listrik maka Anda bisa mengetahui berapa besar daya listrik atau konsumsi listrik yang digunakan setiap bulannya.

Besaran daya listrik bisa dilihat secara factual dalam satuan kWh atau kilowatt hour. Sesuai namanya, tugas utamanya sebagai alat ukur penggunaan listrik.

Kemudian, adapun token meter listrik akan memperlihatkan sisa listrik yang bisa Anda gunakan di rumah dalam melakukan berbagai jenis aktifitas. Di pasaran, sebuah box meteran listrik biasanya dijual dengan harga 60 ribu.

Nah, demikianlah informasi tentang jenis alat kelistrikan dan fungsinya ini. Semoga artikel ini bisa membantu, terutama untuk Anda yang masih awam dalam hal kelistrikan.